Minggu, 28 April 2024

#30 Kurangi Ekspektasi

Makin dewasa makin nggak pengen banyak berekspektasi pada sesuatu. Terlebih terhadap sesuatu yang datang dan pergi. Saya bilang ke Fitri kalau saya tidak mau banyak effort untuk urusan hati. Kalau memang seseorang mau hadir ya aku hargai, kalau mau pergi ya silakan pergi, kurelakan. Kalau seseorang itu tidak dapat bersikap, ya sudah biar saya yang bersikap, kasih batasan, karena saya pun layak untuk bahagia. Saya belajar dari Nafis, untuk sebuah batasan, kalau tidak dihargai ya pergi, masih banyak tempat layak untuk diri sendiri. Begitulah kira-kira.

Ya seperti hari ini, saya banyak-banyak merenung. Entah kenapa rasanya ingin saja menangis. Sedih karena betapa sulitnya saya bisa mengontrol diri dan emosi. Saya sadar betul saat saya mulai berekspektasi terhadap sesuatu. Lalu muncullah perasaan takut adanya penolakan atau effort lebih yang saya lakukan untuk sesuatu. Ya, sudah saya katakan di awal, saya tidak ingin effort lebih untuk hal-hal perasaan.

Sesuatu yang pernah terjadi pastinya masih membekas di memori alam bawah sadar. Masih kerasa sampai saat ini perasaan ditolak dan diacuhkan. Lalu, saya masih stay untuk hal-hal seperti itu kemarin-kemarin. Ya, memang kan cinta membuat seseorang bodoh itu pun nyata. Dan anehnya saya selalu bodoh tapi tidak sadar-sadar beberapa tahun belakangan ini. Hahaha. Tenang saya sekarang kembali lagi ke jalan yang benar kok. Ya, nggak bodoh-bodoh banget sekarang. Bisa berpikir dengan sadar dan menentukan solusi dengan lebih baik. Minimal, saya sadar kalau hidup tidak melulu soal cinta. Sekarang tidak pengen banyak-banyak effort mengejar tapi perbanyak mencintai diri sendiri. Lelah banget kalau harus mengejar mulu. 

Ya sekarang sih biasa saja, bener-bener yang biasa saja. Tidak mau banyak berekspektasi juga. Kamu datang ya saya hargai, kamu pergi ya silakan pergi, saya biarkan pergi, kalau kamu tak bisa bersikap ya biar saya yang bersikap, biar saya yang memutuskan. Begitulah kira-kira hari ini. Mari berbahagia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar