Jumat, 05 April 2024

#7 Belajar R Code dan Banyak-Banyak Bersyukur

Hari ini Fitri mengajak belajar bareng tentang R code. Saya pernah belajar ini tapi tidak lanjut karena lelah dengan coding yang kadang error. Tapi sewaktu Fitri mengajak belajar bersama, saya langsung mengiyakan. Rencana awal siang jam 12 siang, tapi Fitri mengabari kalau dia masih ngantuk jam 6 pagi di kotanya. Memang sudah jalannya ya! Rencana bukber dengan Romo dan Tace juga gak jadi karena Romo ada acara pimpin misa. Ya, lalu saya bilang ke Fitri, nanti kalau mau belajar, saya bisa karena gak jadi bukber. :') Fitri mengiyakan. Saya bilang ke Fitri kalau mau ngepel kos dulu dan beres-beres.

Sebenarnya, saya tidak rajin-rajin amat bersih-bersih. Kalau mood lagi bagus, biasanya saya sangat detail untuk beberes, ngepel bisa sehari dua kali. Itu kalau mood bagus ya! Kalau mood lagi nggak bagus ya, cuma bisa memandangi lantai yang kotor banget tapi nggak ada yang bersih-bersih. Tamatlah!

Sebenarnya, ini yang saya pelajari. Suasana ruangan itu ngaruh banget ke kondisi mood. Kalau bersih dan rapi, mood pun jadi bahagia, enak dilihatnya. Kalau lagi berantakan banget, sudah dipastikan, mood akan memburuh dan tingkat kemalasan akan nambah buruk. Biasanya kalau sudah seperti ini, saya harus segera memperbaiki. Mulai dari luangkan waktu untuk beberes semua hal. Nata kamar, ngepel seluruh area kos dari kamar, ruang tamu, dapur, bersih-bersih kamar mandi, tempat laundry, juga taman atas. Semua saya bersihkan. Bisa tuh seharian bersih-bersih. :)) 

Saya sering cerita ke Fitri, kalau saya lagi bad mood, saya lebih baik bersih-bersih karena ternyata itu bisa jadi stress release untuk saya. Dan beneran, mood jadi bagus dan happy. Terus, saya juga jadi lebih banyak gerak. Selain itu, olahraga juga membuat mental lebih baik. Minimal yoga untuk membuat badan lebih segar, terlebih lagi, yoga di waktu subuh.

Hari ini, saya bersyukur diberi kesempatan untuk belajar bareng Fitri. Saya bersyukur bisa membuat salad sendiri dengan dressing wijen sangrai yang enak. Saya bersyukur, saya bisa menyelesaikan beberapa tulisan di blog ini. Ya, walaupun, saya masih belajar untuk move on yang nggak kelar-kelar. Tapi saya yakin, semua akan selesai tepat pada waktunya. Saya bersyukur diberi waktu lebih untuk bermeditasi dan mengenal diri sendiri. Siapa lagi yang mencintai diri kita sendiri to? Kalau bukan diri kita sendiri! Aku bersyukur, anak-anak juga sehat-sehat, walaupun Oyen masih pilek, tapi dia tetap bahagia dan mau berjuang untuk bertahan hidup. Saya bersyukur bisa mengalahkan ego sendiri untuk menyapa Ria saat dia pulang. Saya juga bersyukur, saya bisa tidur lebih awal dan bangun tidur lebih fresh. Terima kasih Tuhan atas syukur dan berkah-Mu hari ini. Terima kasih! Semoga semua makhluk berbahagia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar