Kamis, 18 April 2024

#20 Mari Bermimpi Kembali

Target terdekat adalah lulus S2 tepat waktu. Saya sedang mempertimbangkan beberapa hal untuk rencana selanjutnya. Saya bilang ke Fitri kalau saya masih bermimpi untuk mengajar di daerah pedalaman. Kata Fitri, selesaikan yang bisa diselesaikan agar tidak membebani kehidupan selanjutnya. Saya setuju dengan pendapat itu.

Saya kembali bertanya pada diri sendiri, apa yang sebenarnya saya cari saat ini? Di lubuk hati saya terdalam, saya masih punya mimpi yang perlu saya selesaikan: menjadi guru di pedalaman. Lalu, apa yang perlu saya lakukan untuk mendapatkan impian itu? Pertama, saya mencoba beberapa pekerjaan freelance yang dapat dikerjakan dari mana saja. Saya coba daftar beberapa platform untuk pekerjaan remote. Selama ini saya berada di zona nyaman dan merasa kurang banyak perkembangan. Saya perlu perbaiki. Lalu, kedua, memutuskan apakah saya lanjut di Salam atau selesaikan semester ini. Sejauh ini, saya belum memutuskan. Sepertinya perlu saya tuliskan ulang positif dan negatifnya. Sepertinya memang jiwa saya lebih cenderung ke socialist. Dan saya masih nyaman dengan kegiatan-kegiatan volunteer.

Lalu, saya menyadari tentang menyibukkan diri. Ternyata saya kalau kurang sibuk, lebih banyak overthinking-nya. Semua saya pikir. Hal-hal yang seharusnya nggak perlu saya pikir pun akhirnya saya pikirkan. Malah membebani diri sendiri. Makanya, saya memang perlu kesibukan. Saya sudah membuat rencana seminggu ke depan. Rencana untuk jalan kaki dari kos ke Salam setiap hari Jumat. Jadi kalau dibuat jadwal: Senin-Selasa ke Salam, Rabu ke kampus, Kamis ke Salam, Jumat ke Salam dengan jalan kaki dan pulang naik TransJogja. Setiap hari bangun pagi dan tidur lebih awal. Bangun pagi, meditasi, nulis blog, belajar bahasa di Duolingo, belajar bahasa di Tandem, grounding, cardio, bersih-bersih kosan, scripting, jurnaling. Yups, mari memulai kembali! Mari Bermimpi kembali! Semoga bisa konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar