Minggu, 21 April 2024

#23 Kartini Zaman Now

Happy birthday Fitri!
Semoga hal-hal baik, keberuntungan, kedamaian, kebahagiaan selalu menyertaimu ya!

Aamiin....

Saya ingin cerita sedikit tentang kekagumanku pada satu kawan ini, kartini zaman now! Saya kenal Fitri saat saya merantau di Jakarta, kuliah di satu kampus dan angkatan yang sama, tapi beda jurusan. Dia jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, sedangkan aku jurusan Pendidikan Matematika. Namun, satu angkatan kami hanyalah 100 orang, jadi saling kenal. Ditambah lagi, background kami ada kemiripan satu angkatan, nyatanya kami memang ditakdirkan untuk belajar bersama. Kalau kami cerita tentang hidup, pasti ada hal-hal yang beririsan, entah kisah hidup, keluarga, pendidikan, dan lainnya. Ada saja yang menjadi kesamaan kami, satu angkatan.

Pertemuan Fitri dan saya ini saat ada orientasi awal masuk di kampus. Awalnya saya sekadar tahu nama saja, saking introvert-nya saya saat itu. Entah tepatnya kapan  kami mulai sering sharing bareng. Tapi, hal yang paling saya ingat adalah saat kelas Bahasa Inggris campuran anak Math dan English sama-sama satu kelas. Saya ingat betul, saat itu ada pembagian kelompok. Semua orang heboh nyari kelompok yang sama-sama mau di tiap grup. Bebas milih. Saya, sebagai orang yang introvert tingkat tinggi, hanya mengamati kehebohan itu, sambil melihat-lihat apakah ada yang senasib dengan saya. Lalulah, di dalam pencarian itu, saya melihat seseorang berhijab dan hanya diam berdiri, dia duduk di belakang, sedangkan aku duduk di depan karena efek kacamata yang tidak bisa melihat papan tulis. Saya pun menyapanya. Namanya Fitri asal Lampung, oh sama-sama anak daerah, lalu saya merasa punya kawan senasib, sama-sama bukan dari ibukota di kelas Bahasa Inggris saat itu. Maklum, saya merasa kesulitan awal-awal di kelas Bahasa Inggris saat itu dan saya melihat Fitri juga pendiam, saya kira dia juga punya permasalahan yang sama, kesulitan mengikuti kelas. Itu yang ada di pikiran saya saat itu. Tapi sepertinya asumsi saya itu salah.... Hahahaha.

Dan, beberapa kali pertemuan kelas, Fitri yang pendiam mulai menunjukkan power-nya. Ternyata dia jago bahasa Inggris dan memang jurusan dia Bahasa Inggris. :D Wkwkwkwk.... Saya belajar banyak dari dia. Satu hal yang kulihat dari dia adalah walaupun jago bahasa Inggris, dia tetap low profile dan mau mengajari saya yang kurang pandai di kelas. Karena, jujur, saya pernah trauma dipinggirkan oleh salah satu teman di kelas karena saya tidak jago bahasa Inggris sehingga saat berkelompok dengannya, ada rasa kurang nyaman. Tapi Fitri bukan orang yang seperti itu, dia mau merangkul teman-temannya yang kesulitan di kelas.

Saya juga tidak tahu alasannya apa, saya suka diskusi sama Fitri, ada saja hikmah yang bisa diambil. Dulu waktu masih di Jakarta, saya sering main ke kosannya di Radio Dalam. Lokasi yang sering kebanjiran karena lokasi kosannya dekat dengan kali kecil. Perjalanan panjang yang kami lalui kalau dibuat cerita panjang banget. Hahaha. Singkat cerita nih ya, dia merantau ke Malaysia, yang sampai detik ini pun saya belum jadi berkunjung ke tempatnya. Lalu, saya pindah juga ke Jogja. Tapi kami masih sering update kehidupan masing-masing. Lalu, sampai dia pindah ke UK sekarang, saya belum main juga ke KL. Hahaha.... Nanti ya, aku main ke UK saja. 

Memanglah, Fitri ini salah satu Kartini zaman now. Tanggal lahirnya saja sudah sama kayak Bu Kartini. :D Terus, sewaktu balik ke Lampung, dia membuat tempat belajar untuk anak-anak di kampungnya. Mengajari anak-anak di kampungnya Bahasa Inggris. Keren sekali. Terus menginspirasi ya Fitri! Bahagia selalu.... :D Semoga studi kamu S3 di UK lancar ya.... Spread our wings! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar