Selasa, 16 Maret 2021

#16 Melalui Tempe, Saya Belajar Tentang Pentingnya Proses

Hari ini saya dapat kesempatan untuk membuat tempe bersama Ibu Guru Rosa dan PKK 123 Random Club. Ternyata membuat tempe cukup membuat saya belajar sesuatu, "Yang kita lihat sederhana ternyata memiliki proses yang cukup lama". Ya benar saja! Membuat tempe itu melatih kesabaran.

Pertama, kita perlu menyiapkan kedelai yang bisa dibeli di pasar, di penjual beras dan kacang-kacangan biasanya ada. Saya belinya di pasar Bantul, di bagian penjual-penjual beras. Harga per kilonya sebelas ribu rupiah. Itu pun kata penjualnya kedelai terus naik dan harga mahal. Saya yang hanya membeli 1 kg mungkin tak terlalu berdampak, tapi untuk industri kecil maupun besar, kenaikan itu pun sangat terasa. Lalu, saya mencari ragi tempe. Ternyata ada 2 jenis ragi untuk membuat tempe, yaitu ragi daun dan ragi yang disebut usar. Harga ragi hanya seribu lima ratus rupiah bisa digunakan untuk 7 kilogram kedelai. Luar biasa! Ternyata bahan-bahannya sederhana. Hanya perlu kedelai, ragi usar, daun pisang atau plastik untuk membungkus. Sudah!

Kedua, cara pengolahannya, kedelai direndam 24 jam sebelum diolah menjadi tempe. Hal menarik yang saya dapatkan adalah ternyata kedelainya mengembang jadi banyak. Hahaha. Awalnya hanya satu baskom, ternyata jadi setengah dandang setelah direndam selama 24 jam. Lalu, ini nih hal yang cukup memakan waktu: proses pengupasan kulit ari kacang kedelai. PR banget pokoknya, milihin satu-satu, yang kata kak Rosa tempenya harus bersih dari kulitnya. Ya sudah petualangan dimulai. Kami berkumpul di rumah Obit, saya datang terlambat karena harus mengajar dahulu. Untungnya, semua alat sudah saya persiapkan sebelum saya ngajar, jadi selesai ngajar langsung berangkat.

Proses pemisahan biji kedelai dengan kulit arinya, sudah pakai tenaga full ini


Proses pemisahan biji kedelai dengan kulit arinya masih lanjut nih....


Ini sudah hampir selesai....

Lanjut setelah dirasa bersih, kedelai dicuci kembali, baru dikukus sampai lumayan empuk. Proses pembuatan kedelai sebenarnya sederhana, hanya saja nunggunya lumayan lama. Sembari menunggu tempe dikukus, kami pun cerita-cerita tentang masa kecil dan pengalaman hidup. Tak terasa pun malam sudah hampir larut, kami masih bercuap-cuap bersama. Kak Rosa mengecek berkali-kali kedelai kukus itu. Setelah cukup empuk, kedelai pun ditiriskan dan diangin-anginkan biar cepat dingin. Setelah proses pendinginan, mulailah proses peragian. Kak Rosa memberitahu bahwa kita cukup satu ujung sendok makan ragi ke adonan setengah kilo kedelai. Tinggal aduk-aduk saja raginya ke kedelai itu.

Nah, proses yang tak kalah serunya adalah pembungkusan dengan daun pisang. Diawali contoh dari Kak Rosa. Saya, Kak Juni, Jane pun mencoba dengan style masing-masing. 


Hasil prakarya kami hari ini


Setelah disusun sedemikian rupa untuk dokumentasi


Rada shock kok ternyata hasil bungkusan saya sebanyak ini, minus 1 contoh bikinan Kak Rosa


Jane dan hasil tempe fenomenalnya


Ini Kak Juni dengan tempe yang hasilnya makin bagus saja


Full team dari kiri: Jane, Kak Juni, saya, Kak Rosa
Kenapa itu hitam-hitam bajunya? Memang kok itu dresscode kelas tempe hari ini :)

Sungguh berfaedah kelas hari ini ditambah cerita tentang hidup yang sungguhlah membuat saya makin bangga bisa kenal kalian. :) :) :)
Terima kasih banyak-banyak ee.... Tunggu tempe 2-3 hari hingga menjadi tempe dengan citra rasa khas penuh cinta. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar