Sabtu, 13 Maret 2021

#12 Belajar dari Sebuah Pertemuan

Siapa sangka kepindahan ke Jogja mempertemukan saya dengan beberapa kawan baru. Ada Kak Rosa, Yesman, Endi, Mas Edy, Kak Juni, Mbak Prapti, Mas Rangga, Kak Chendy dan keluarga, Kak Sari, dan Hilda. Pertemuan yang sungguhlah tak pernah kami rencanakan sebelumnya. Kami dipertemukan oleh Tuhan untuk saling belajar. Ya, belajar banyak hal tentang hidup dan masa depan. Sebenarnya, tak semudah itu saya berkenalan dengan orang baru. Tapi entah mengapa mengenal mereka, saya menjadi diri saya sendiri, apa adanya, tak perlu menjadi diri orang lain.

Lucu ya! Kita selalu dipertemukan dengan berbagai macam orang dan karakter. Dan kadang pertemuan itu tidak disangka-sangka akan membuka banyak kesempatan baru untuk kita. Ya, tak ada salahnya kita memperbanyak kenalan. Ya, siapa tahu pertolongan datang dari mana saja di saat kita kesulitan. Satu hal yang pasti, Tuhan telah menjodohkan kita kepada siapa pun yang dikehendaki-Nya untuk bertemu satu sama lain agar kita belajar suatu hal. 

Pernah nggak sih kadang kita bertemu teman baru bisa langsung klik, kadang juga kita bertemu teman baru seperti ada jarak tembok yang membatasi? Ya, seperti hati menerima langsung atau bisa juga hati menolak untuk mengenal lebih jauh. Dan biasanya ini yang saya rasakan saat bertemu orang-orang baru. Pikiran bekerja untuk mengumpulkan informasi-informasi mengenai objek dan nantinya akan memunculkan anggapan baik atau buruk seseorang terhadap objek itu sendiri. Kadang pula kita tak tahu alasan mengapa kita tak bisa dekat dengan si A atau si B atau pun sebaliknya. Nah, saat-saat ini saya mencoba mengurangi pikiran-pikiran negatif kepada orang-orang baru yang saya temui. Ya, kadang pikiran kita lah yang membatasi diri untuk membuka diri menerima kehadiran orang baru. Ya, walaupun tak serta-merta terlalu baik dengan semua orang, perlu juga waspada. Jika kita kira kok sepertinya berada di lingkungan pertemanan yang membawa dampak buruk, ya pelan-pelan pergi. Kalau sekiranya pertemanan berada di jalan yang baik, ya lanjutkan. Pastinya, Tuhan punya rencana untuk kita semua belajar "sesuatu".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar