Jumat, 30 September 2011

PERAN AKTIF JIWA MUDA


Pemuda adalah agen perubahan kehidupan. Dahulu tokoh muda berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Masing-masing daerah muncullah para pejuang yang bahu-membahu meneriakkan kata “Merdeka… merdeka”. Hal tersebut hanya untuk kelangsungan Bangsa Indonesia yang dapat kita rasakan hingga saat ini. Namun, ironisnya masih banyak pemuda yang belum sadar akan hal tersebut. Masa lalu telah menjadi sejarah yang telah terlupakan.
Tidak sepatutnya kita sebagai generasi penerus hanya bertopang dagu saja. Banyak hal bermanfaat yang dapat kita lakukan. Memperbaiki diri dan membantu dalam penanganan masalah yang telah menjadi kendala berkembangnya Indonesia. Tidak harus secara nasional tetapi ikut serta berkontribusi langsung di daerah masing-masing adalah langkah awal untuk perubahan.
Jika kita lihat fenomena kehidupan saat ini, banyak sekali munculnya komunitas-komunitas para pemuda. Komunitas tersebut bergerak untuk meningkatkan kemajuan daerahnya masing-masing. Rasa peduli terhadap daerah merupakan pemicu pengembangan komunitas-komunitas ini. Pandangan akan belum terlaksananya pemerataan kesejahteraan daerah juga memberi kesadaran kepada para pemuda. Rasa dan pandangan yang sama inilah yang akan menjadi kekuatan para pemuda untuk ikut serta dalam pembangunan daerah. Tindakan-tindakan inilah yang seyogyanya kita tingkatkan dan tularkan demi masa kini dan masa yang akan datang.
Begitu pula para pemuda dari berbagai karakteristik dan latar belakang yang berbeda berkumpul dalam komunitas dengan satu tujuan. Hal inilah yang biasanya disebut sebagai visi dan misi. Dengan tujuan-tujuan tersebut, akan menambah rasa saling memiliki dan peduli sesama di antara para pemuda. Persaudaraan dan tanggung jawab bersama memberi pondasi untuk membangun daerah masing-masing pula.
Tidak hanya itu, komunitas pemuda juga sebagai wadah diskusi permasalahan yang terjadi di daerah. Kita dapat saling bertukar pendapat, mencari solusi bagaimana cara penyelesaian yang dapat kita lakukan terhadap suatu masalah. Komunikasi dengan daerah lain juga sangat membantu dalam hal ini. Atau pula antar daerah dapat saling bekerja sama untuk solusi bersama akan memberi kemajuan untuk masing-masing daerah. Dengan demikian secara langsung kita dapat memaksimalkan kesejahteraan daerah masing-masing.
Dengan cara inilah, kita akan sedikit demi sedikit mengajak dan memberi contoh kepada para pemuda lain untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan positif. Juga tetap mengedepankan moral dan tenggang rasa di antara masing-masing individu serta daerah lain sehingga tidak terjadi perceraian. Secara tidak langsung, para pemuda daerah lain akan termotivasi untuk ikut serta dalam pembangunan daerah. Bayangkan saja jika para pemuda saling membangun daerah asalnya. Dapat dikatakan Indonesia akan terbantu karena masing-masing daerah telah mencapai target kesejahteraan. Dengan kata lain, para pemuda sangat berperan aktif untuk kelangsungan suatu bangsa. 

Jakarta, Selasa, 12 April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar