Minggu, 28 Mei 2023

Belajar Lagi!

Beberapa minggu belakangan ini, saya belajar untuk melepaskan kepergian orang-orang yang memang ingin pergi dari kehidupan saya. Saya belajar untuk tidak egois dalam hidup. Saya belajar untuk memikirkan tentang saya, bukan tentang dia/mereka lagi. Selama ini saya sangat egois terhadap diri sendiri karena selalu mempedulikan orang lain, selalu harus ada untuk orang lain, selalu ingin membahagiakan orang lain, tapi saya lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Bahkan saya melewatkan mengenali diri sendiri, apa yang saya suka, apa yang saya inginkan, apa yang saya impikan, apa yang selalu saya cita-citakan, bahkan hal kecil apa yang membuat saya tersenyum tiap harinya? Saya selalu sulit menjawabnya. Ini bukan tentang dia/mereka, tapi diri sendiri! Dan saya melewatkan momen mencintai diri sendiri.

Beberapa minggu belakangan ini, saya seperti kehilangan sesuatu. Saya berada di titik mempertanyakan kembali makna Tuhan dalam hidup. Siapa Tuhan itu? Mengapa saya harus sholat? Mengapa saya memeluk Islam? Bahkan rasa sebagai muslim dari lahir itu mulai saya pertanyakan lagi. Saya merasa ini adalah fase yang pernah terjadi pada teman-teman yang lain ketika kami di Jakarta. Mungkin dulu ketika mereka bercerita tentang pencarian tentang Tuhannya, saya selalu penasaran karena saya belum pernah di fase tersebut. Saya tidak pernah menanyakan tentang Tuhan, saya mengikuti hal-hal yang menjadi kewajiban saya sebagai umat muslim yang kenyataannya dari lahir. Dan ketika ada fase yang sama terjadi pada saya, seperti tidak percaya, tetapi kenyataannya terjadi. Saya mengalami pertanyaan-pertanyaan yang belum pernah saya tanyakan sebelumnya mengenai Tuhan. 

Beberapa hari yang lalu saya menanyakan pada diri sendiri, sejauh apa saya meyakini keberadaan Allah sebagai Tuhanku? Seperti apa makna dari keberadaan Tuhan itu? Sedekat apa Tuhan hadir dalam setiap doa-doa saya? Apakah sejauh ini saya ibadah dengan khusyuk? Atau hanya ritual yang saya hafal dari kecil? Mengapa orang bisa meyakini apa yang telah diyakininya? Beberapa kali saya berdiskusi dengan kawan tentang keberadaan Tuhan. Saya masih belajar....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar