Selasa, 28 Februari 2023

Review "Adaptive and Engaging E-learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh”

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=PKFBwheZymY&t=100s



Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi salah satu alternatif untuk pemerataan pendidikan.  Tak dipungkiri bahwa saat ini pendidikan masih terkendala berbagai keterbatasan akses dan sarana-prasarana yang belum mendukung sepenuhnya. Seperti contohnya saja, sesuai pidato Prof. Herman pada video tersebut, jumlah perguruan tinggi yang dapat menampung hanya sekitar 50% dari lulusan SMA. Hal ini tentunya menimbulkan masalah bahwa tak semua elemen masyarakat dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Mengapa perlu PJJ? Hal ini dikarenakan PJJ menjadi salah satu alternatif bahwa pendidikan tidak harus tatap muka, tetapi dapat juga secara asinkronus atau waktu dan ruang yang berbeda/tidak berlangsung bersamaan. Alternatif ini tentunya membuka peluang generasi muda Indonesia tetap dapat mengakses pendidikan walaupun akses yang terbatas.


Tentunya, PJJ ini juga perlu berbagai perangkat yang dapat memfasilitasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya adalah pengembangan e-learning. Dalam pengembangan e-learning sendiri perlu memperhatikan tiga aspek, yaitu 1) desain portal e-learning, 2) desain konten e-learning, 3) desain aktivitas e-learning. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam desain portal e-learning mencakup domain, web hosting, software/LMS yang digunakan, tema, kategori mata pelajaran/mata kuliah, fitur blok atau modul, akses pengguna. Kemudian, hal-hal yang perlu dicermati dalam mendesain konten, yaitu desain instruksional (tujuan, cakupan materi, strategi/metode, media, evaluasi) dan desain sumber belajar (bahan ajar berbasis multimedia, bahan pendukung, link pengayaan). Dalam mendesain aktivitas, kita perlu memperhatikan seperti apa tugas yang akan kita sajikan. Misalnya saja forum diskusi, perkenalan, refleksi atau dalam bentuk tugas essay, tugas offline/online atau juga quiz berupa pilihan ganda, isian singkat, mencocokkan atau dapat juga kita gunakan video conference, chat, survey dan lainnya. Semua aspek tersebut dapat disesuaikan dengan karakteristik peserta didik.


E-learning sendiri juga perlu inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi terbaru (adaptive and engaging e-learning). E-learning adaptif diperlukan penyajian materi yang sesuai dengan latar belakang dan karakteristik peserta didik, baik itu pengetahuan dan gaya belajar siswa agar pembelajaran menjadi efektif sesuai dengan tujuannya. Kemudian, engaging e-learning adalah e-learning yang membuat siswa ingin kembali mengunjungi e-learning dengan senang tanpa paksaan. Hal ini tentunya e-learning perlu dirancang sedemikian rupa sehingga meningkatkan keaktifan, ketertarikan, kolaborasi, dan motivasi dalam belajar. 


Dengan mengetahui bagaimana PJJ yang dilengkapi dengan inovasi e-learning, tentunya kita sebagai pengembang pembelajaran perlu terus up to date dalam hal-hal baru dan peka terhadap permasalahan di dunia pendidikan saat ini. Mari terus upgrade diri untuk selalu belajar. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar