Selasa, 04 Juni 2019

Teman Dekat


Jangan pernah berharap lebih kepada orang lain. Sebaik apapun seseorang pasti memiliki kekurangan dan kesalahan. Dan kau akan merasa kecewa saat tak sesuai harapanmu!

Ya, itulah alasan yang membuat saya cukup berhati-hati untuk mempercayai orang lain. Bukan berarti saya tak bisa mempercayai, tapi saya hanya menjaga agar tak ada yang tersakiti suatu hari nanti. Ya, seperti berkawan. Tak semua hal bisa diceritakan walaupun itu namanya teman dekat. Sedekat apapun pasti ada hal yang ‘lebih cocok’ diceritakan ke teman satu daripada teman lain. Bukan maksud apa-apa atau bukan maksud tak mempercayai, sedekat apapun pasti punya batas. Sedekat apapun seseorang, suatu hari nanti akan terlupakan karena hidup memang tak bisa membahagiakan semua orang. Dan suatu hari nanti akan memiliki kehidupannya masing-masing. Berkawanlah sesuai kadarnya, tak berlebihan juga tak berkekurangan.

Jika kau merasa bahagia di dekat kawan-kawanmu saat ini, nikmati saja! Karena suatu hari nanti akan ada saatnya, mereka tak seperti saat ini. Hidup akan selalu mengalir. Silih berganti dari satu tempat ke tempat yang lain, dari waktu saat ini ke waktu selanjutnya. Dan kau tak bisa memaksakan orang lain untuk selalu ada di semua waktu sisa hidupmu. Karena sejatinya, mereka juga punya kehidupan yang terus akan hidup sesuai jalan masing-masing. Jika kau mengharapkan sesuatu dari orang lain, suatu hari kau akan merasa kecewa jika seseorang tersebut tak sesuai harapanmu. Pastikan kau akan baik-baik saja! Dan nikmatilah apa yang kau punya saat ini. Lakukan sebisa mungkin dengan rasa ikhlas dan relakan saat semua telah berubah.


#RefleksiDiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar