Senin, 06 Mei 2024

#38 Panen sayur dari Teras

Pagi ini saya panen daun pepaya jepang dari teras. Saya masak tumis kering dengan lauk tempe. Sederhana tapi enak. :D Tak lupa saya juga pamerin ke Fitri. Hahaha.

Saya mulai senang lagi masak makanan rumahan daripada beli jadi. Menurut saya ketika saya masak, itu salah satu healing untuk saya. Semua indera bekerja. Penglihatan sangat dibutuhkan untuk memilah bahan-bahan dan juga menentukan apakah masakan sudah matang atau belum. Pendengaran tentu, memanaskan air pun berbunyi tanda mendidih. Peraba, dibutuhkan saat kita memotong bahan. Kontak langsung dengan bahan-bahan tentunya membuat indera kita semakin terasah. Penciuman, ini salah satu indera penting untuk menentukan aroma layak atau tidaknya makanan untuk dikonsumsi. Pengecap, ini utama dari penentuan rasa apakah manis, kurang bumbu, atau keasinan. Lalu, memasak adalah salah satu kegiatan yang bisa mengasah semua indera tubuh manusia, menurut saya seperti itu.

Terus lagi, kegiatan masak juga membantu saya mengurangi overthinking karena lebih fokus ke diri sendiri. Terlebih lagi, membantu untuk mengelola emosi. Memasak adalah kegiatan kedua saya setelah bersih-bersih kamar dengan tujuan untuk healing. :D Tetap cara healing utama saya adalah bersih-bersih kamar dan kos. Hehehe. Memasak juga membantu saya memanggil kembali memori masa lalu, seperti memori indah bersama ibu dan bapak saat masak dan makan bersama. Memori bukan untuk dilupakan kan? Tapi sebaliknya, memori masa lalu akan memberi kita pembelajaran, entah itu baik atau buruk. Kita bisa belajar tentang itu.

Bahkan saat saya masak daun pepaya jepang ini, ada memori dari ibu, dulu ibu sempat tak mengizinkan saya memasak pepaya jepang tanpa menjelaskan alasan. Sampai sekarang pun saya tidak tahu alasannya. Dulu ibu hanya bilang nanti kena penyakit, tapi saya tidak tahu penyakit apa dan kandungan apa yang menyebabkan penyakit itu. Saya baru mengetahui kalau pepaya jepang ini salah satu tanaman superfood. Dan enak ketika ditumis, tidak pahit. Kalau ada yang tahu tentang kandungan pepaya jepang, bisa komen di sini ya.... Mungkin ada yang tahu kenapa pepaya jepang tidak boleh dikonsumsi? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar