Sejak pertama kali mempelajari lebih lanjut tentang teknologi, membuka kesempatan untuk saya mengulik kembali Multimedia Pembelajaran Interaktif atau MPI. Salah satu referensi yang saya baca adalah buku karya Prof. Herman berjudul “Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan”. Buku ini membahas seluk-beluk tentang multimedia, prinsip multimedia pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif (MPI), pengembangan MPI, dan evaluasi multimedia. Secara keseluruhan, materi yang ada di dalam buku ini sangat membantu saya untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada pelajaran matematika. Pada Bab Prinsip-prinsip multimedia pembelajaran yang berkaitan dengan Teori Kognitif, seperti yang telah dibahas Clark dan Mayer (2016), buku ini juga mengulas tentang tiga asumsi kognitif, yaitu 1) saluran ganda, 2) kapasitas terbatas, 3) pemrosesan aktif. Selain itu, beberapa prinsip yang perlu diperhatikan ketika kita mengembangkan multimedia pembelajaran, meliputi perlu mengurangi pemrosesan yang tidak relevan atau berkaitan dengan materi yang disampaikan (contiguity, coherence, signaling, dan redundancy), perlu mengelola pemrosesan yang penting dan pokok (segmenting, pre-training, modality), kemudian perlu meningkatkan pemrosesan generatif (multimedia, personalization, interactivity). Penjelasan dalam buku ini diuraikan dengan baik dan disertai gambar serta contoh sederhana sehingga mudah dipahami.
Dalam buku ini, kita juga dapat mempelajari tentang model-model pengembangan MPI, meliputi Model APPED, Model ADDIE, Model Alessi-Trollip, Model Lee, dan Model Borg & Gall, Model Ivers & Barron, yang semuanya dapat kita gunakan untuk penelitian R&D (Research and Development). Kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Model APPED. Langkah-langkah model ini diuraikan dengan jelas dan runtut. Pertama, analisis dan penelitian awal, kita perlu menganalisis beberapa hal sebagai langkah awal. Kita perlu mengetahui bagaimana karakter peserta didik terlebih dahulu, analisis penggunaan teknologi, materi apa yang akan disampaikan dengan menggunakan MPI, capaian pembelajarannya apa, kemudian apa asesmen yang akan digunakan, MPI yang sudah dimiliki, studi literatur yang digunakan, dan juga analisis biaya yang dibutuhkan untuk produksi. Kedua, perancangan, setelah analisis awal tentunya kita memiliki gambaran MPI apa yang akan kita rancang. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan adalah perancangan instruksional, pembuatan flowchart, pembuatan screen design, dan pembuatan storyboard. Ketiga, produksi, hal-hal yang telah kita buat pada langkah kedua akan mempermudah kita dalam langkah produksi. Kemudian, keempat adalah tahap evaluasi. MPI yang telah kita produksi pastinya tidak langsung perfect dan perlu adanya evaluasi secara menyeluruh. Tahap terakhir adalah diseminasi, yaitu sosialisasi MPI kepada pengguna untuk mengetahui efektivitas produk. Dengan tahap-tahap tersebut, tentunya pengembangan produk terkait multimedia pembelajaran dapat lebih terencana dan terlihat alurnya.
Secara keseluruhan, buku ini sangat informatif dan bermanfaat untuk orang-orang awam teknologi seperti saya. Secara konsep dasar buku ini dapat diikuti dengan baik. Namun, menurut saya ada beberapa hal yang perlu ditambahkan, seperti update terkini tentang software-software yang dapat digunakan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Di buku ini disebutkan Adobe Flash, tetapi menurut saya Adobe Flash saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh para creator. Saat ini, ada website-website maupun aplikasi yang lebih mudah digunakan seperti H5P dan Scratch. Selain itu, dapat juga ditambahkan bagaimana cara produk-produk yang kita hasilkan dapat tersambung dengan website-website seperti moodle elearning. Hal ini akan menjadi ilmu tambahan di era sekarang yang serba online. Demikian, hal-hal yang dapat saya sampaikan di refleksi buku bacaan kali ini. :)
Dian Sulistiani (22107251033)
Sumber:
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 1 September 2022 melalui http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2018/02/Multimedia-Pembelajaran-2017-Cetak-smSC.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar